Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 11, No 1 (2023)

ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI PERSEPSI TERHADAP METAKOGNISI SISWA SMP NEGERI 15 BUTON TENGAH

Umi Kalsum (Unknown)
Kodirun Kodirun (Unknown)
Kadir Kadir (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pemahaman konsep matematis siswa ditinjau dari persepsi terhadap metakognisi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 15 Buton Tengah yang terdiri dari satu siswa dengan persepsi terhadap metakognisi tinggi, satu siswa dengan persepsi terhadap  metakognisi sedang, dan satu siswa dengan persepsi terhadap metakognisi rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan persepsi terhadap metakognisi tinggi memiliki hasil yang cukup baik dalam pemahaman konsep matematis dibandingkan siswa yang memiliki persepsi terhadap metakognisi sedang dan rendah. Siswa dengan persepsi terhadap  metakognisi tinggi mampu memenuhi enam indikator dari tujuh indikator pemahaman konsep matematis. Siswa dengan persepsi terhadap metakognisi sedang mampu memenuhi empat indikator dari tujuh indikator pemahaman konsep matematis. Siswa dengan persepsi terhadap metakognisi rendah hanya mampu memenuhi dua indikator dari tujuh indikator pemahaman konsep matematis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...