Penelitian dilakukan dengan menerapkan media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan media pembelajaran seperti gambar. Penelitian dengan menggunakan metode jenis penelitian kuantitatif dengan melakukan kajian literature berbagai penelitian sebelumnya (literature review). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan minat belajar siswa dapat meningkat dengan penerapan media gambar. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar siswa dengan presentasi statistik 81,3% yang pada sebelumnya dilakukan perlakuan hanya memperoleh 69,3%, hal ini menunjukkan telah terjadi peningkatan signifikan, membawa pengaruh yang positif terhadap pembelajaran IPA. Media Pembelajaran tersebut dapat membantu siswa dalam memahami konsep materi dibandingkan dengan menghafal materi, materi ajar ditampilkan dalam bentuk konkret yakni dengan melibatkan indra penglihatan manusia. Siswa juga menjadi lebih aktif dalam pembelajaran.
Copyrights © 2023