Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 7, No. 1 (Januari 2023)

Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar

Putri Jannati (UIN SUNAN KALIJAGA)
Faisal Arief Ramadhan (Unknown)
Muhamad Agung Rohimawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru penggerak dalam pengimplementasiaan kurikulum merdeka belajar di SDN Negeri Timbang Langsa. Penelitian ini dirasa penting karna peran guru penggerak sangat berpengaruh dalam implementasi kurikulum merdeka. Guru penggerak seperti namanya memiliki peran untuk menggerakkan pembelajaran dan mencontohkan bagaimana kurikulum merdeka diimplementasikan dalam pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis fenomenologi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru penggerak, dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara.  Hasil penelitian terdapat 6 peran guru penggerak dalam pengimplementasiaan kurikulum merdeka belajar. Pertama, guru berperan sebagai penggerak komunitas, kedua guru sebagai agen perubahan, Ketiga, guru pencipta wadah diskusi dan kolaborasi, Keempat,, guru menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, kelima, guru wajib mengembangkan diri lewat seminar, keenam, guru menjadi motivator dalam kelas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...