ABSTRAK Kegiatan belajar mengajar dari rumah menjadi salah satu solusi untuk tetap melaksanakan proses pembelajaran dimasa pandemi Covid-19. Salah satu metode yang digunakan adalah kuliah daring untuk pencapaian prestasibelajar. Mengubah kebiasaan dengan cepat tentu tidak mudah, seperti halnya mengubah kebiasaan tatap mukamelalui dunia maya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan denganproduktivitas mahasiswa fakultas kesehatan pada masa pandemi di Universitas Dian Nuswantoro Semarang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan sampel sebanyak 155 mahasiswayang pernah mengikuti perkuliahan tatap muka sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioneronline yang disebarkan melalui WhatsApp group class. Hasil analisis menunjukkan bahwa 52,9% produktivitasmahasiswa pada masa pandemi Covid-19 berada pada kategori sesuai. Hasil uji korelasi rank spearmanmenunjukkan bahwa faktor yang berhubungan signifikan dengan produktivitas mahasiswa adalah kemudahanmengikuti perkuliahan, dukungan keluarga, dan kenyamanan perkuliahan dengan p-value < 0,001, sedangkanuntuk faktor peralatan perkuliahan dan online preferensi kuliah dengan produktivitas mahasiswa p = 0,001,penghematan biaya dengan produktivitas mahasiswa p = 0,004, sedangkan masalah jaringan dengan produktivitasmahasiswa p = 0,485. Sehingga dapat menjadi faktor utama penentu kebijakan di perguruan tinggi, adanya kuliahdaring akan menjadi solusi ketika kuliah reguler atau gabungan keduanya tidak dapat dilaksanakan. Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Kuliah Daring, Produktivitas Mahasiswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022