SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 6, No 1 (2023): January - Juny

Kinerja Keuangan Perusahaan Kosmetik Menggunakan Analisis Economic Value Added: Bukti dari Perusahaan di Indonesia

Fuada, Nurul (Unknown)
Darwin, Khadijah (Unknown)
Arizah, Ainun (Unknown)
Wahyuni, Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2023

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kinerja perusahaan kosmetik yang terdaftar di BEI selama 2018 sampai tahun 2020 dengan menggunakan analisis Economic Value Added (EVA). Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif yaitu data yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan-perusahaan kosmetik yang terdaftar di BEI. Sumber Data yang digunakan dalam penulisan ini adalah data sekunder yaitu data yang diperoleh dari dokumen perusahaan dan informasi tertulis mengenai keadaan perusahaan berupa laporan keuangan serta beberapa data-data keuangan lain yang berkaitan dengan pembahasan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif, yaitu menggambarkan penilaian kinerja keuangan menggunakan metode Analisis Economic Value Added (EVA) yang juga berkaitan dengan analisis NOPAT yaitu suatu analisis dimana laba yang diperoleh dari operasi perusahaan setelah dikurangi pajak penghasilan. Hasil perhitungan menggunakan metode Economic Value Added (EVA) pada perusahaan PT. Mustika Ratu, Tbk, PT. Martina Berto Tbk, dan PT. Mandom Indonesia, Tbk selama 3 periode yaitu tahun 2018-2020 menunjukkan kondisi yang kurang baik, karena Economic Value Added (EVA) bernilai negatif tiap tahun atau EVA < 0, yang artinya perusahaan belum mampu memberikan nilai tambah ekonomis dan tidak memenuhi harapan para pemegang saham dikarenakan tidak mendapatkan pengembalian yang setimpal dengan investasi yang ditanamkan. Kata Kunci: Economic Value Added; Kinerja Keuangan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...