Praxis : Jurnal Sains, Teknologi, Masyarakat dan Jejaring
Vol 5, No 1: September 2022

Efektivitas Penggunaan Youtube Sebagai Media Edukasi Pangan dan Nutrisi Bagi Masyarakat Indonesia Selama Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Video Watching Pattern

Dea Nathania Hendryanti, S.TP., MS ([SCOPUS ID: 57216132975], Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Katolik Soegijapranata)
Christiana Retnaningsih (Program Studi Teknologi Pangan, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang)
Alberta Rika Pratiwi (Program Studi Teknologi Pangan, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang)
Meiliana Meiliana (Program Studi Teknologi Pangan, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2023

Abstract

Pandemi Covid-19 di Indonesia tidak hanya berdampak pada aspek kesehatan masyarakat namun juga aspek ekonomi dan sosial. Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembuatan video YouTube sebagai media edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait strategi pangan guna meminimalkan kerugian ekonomi akibat food waste serta untuk mengoptimalkan asupan nutrisi harian. Evaluasi efektivitas penggunaan media Youtube difokuskan pada video watching pattern menggunakan YouTube Analytics. Pengumpulan data dimulai sejak video diunggah dan dilakukan selama 3 bulan (Maret hingga Juni 2021). Data traffic source dan overview penayangan mengindikasikan adanya penyebaran informasi yang berkelanjutan dimana popularitas YouTube Channel menjadi faktor krusial. Hasil analisis audience retention menunjukkan bahwa persentase waktu retensi  masyarakat dalam menonton ketiga video berkisar 27,7 – 35,7% dari total durasi video. Data dari ketiga video menunjukkan adanya pola yang sama yaitu jumlah penayangan mencapai puncak pada 1 bulan pertama kemudian, cenderung melandai namun, tetap ada penayangan hingga berakhirnya masa evaluasi. Berdasarkan hasil analisis tersebut, video YouTube adalah media yang perlu untuk dipertimbangkan untuk menyalurkan informasi serta memberikan edukasi kepada masyarakat luas pada masa Pandemi Covid-19 saat ini. Strategi untuk meningkatkan audience retention perlu diperhatikan untuk mencapai tujuan edukasi dan menjaga keberlanjutan program edukasi.

Copyrights © 2022