Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif berbantuan teknik know want learn terhadap prestasi belajar IPS ditinjau dari sikap demokrasi siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-Only Control-Group Desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Karangasem yang berjumlah 104 siswa. Sebanyak 38 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik group random sampling. Data sikap demokrasi dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Anava A-B berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, perbedaan prestasi belajar IPS antara siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran kooperatif berbantuan teknik KWL dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Kedua, Terdapat interaksi antara penerapan model pembelajaran dan sikap demokrasi siswa terhadap hprestasi belajar IPS pada siswa kelas V SD Gugus II Karangasem. Ketiga, Hasil belajar siswa yang memiliki sikap demokrasi tinggi yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran kooperatif berbantuan teknik KWL lebih baik daripada siswa yang mengikuti pelajaran dengan model konvensional. Kempat, Untuk siswa yang memiliki Sikap demokrasi rendah, tidak terdapat perbedaan prestasi belajar IPS antara siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran kooperatif berbantuan teknik KWL dan siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Karangasem.
Copyrights © 2023