Dalam proses pendidikan khususnya belajar mengajar, peran tenaga pengajar sangat strategis dalam meningkatkankan kinerja akademik siswa. Namun sayangnya kualitas siswa di madrasah Aliyah masih banyak yang belum memadai. Kompetensi guru dalam hal ini sangat menentukan. Artikel ini bertujuan untuk memeriksa sejauh mana kompetensi guru dalam meningkatkan kinerja akademik siswa dan apa saja upaya yang harus dilakukan dalam meningkatkan kompetensi guru. Dengan menggunakan pendekatan kajian pustaka, hasil dari penelitian ini menunujkan bahwa metode pengembangan sumber daya manusia pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Swasta dapat dilakukan melalui pelatihan, pengelolaan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan, peningkatan karir, peningkatan kesejahteraan, MGMP, Diklat, seminar, supervisi, dan studi lanjut. Dengan menerapkan metode tersebut dapat meningkatkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan. Untuk itu, dalam penerapan metode pengembangan sumber daya manusia pendidik dan tenaga kependidikan Madrasah Aliyah Swasta dengan diharapakan menggunakan prinsip pertimbangan, antara lain diarahkan untuk; pengembangan kompetensi pedagogik, pengembangan kompetensi profesional, pengembangan kompetensi sosial, dan pengembangan kompetensi kepribadian.
Copyrights © 2022