Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 3 (2023): Journal on Teacher Education

Upaya Guru Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas 2 di SD Swasta GKPS II Pematang Siantar terhadap Proses Pembelajaran Daring dengan Metode Media-Video

Sabar Dumayanti Sihombing (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Ester Paulina Zendrato (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Hasrida Br Ambarita (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Putri Florensyah Budu (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Herman Herman (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Tumpal Manahara Siahaan (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2023

Abstract

Media video merupakan salah satu perkembangan teknologi yang mampu membantu proses belajar mengajar baik dalam ruangan kelas maupun secara daring. Pandemi covid-19 sebelumnya memberi pengaruh besar terhadap perubahan proses pembelajaran. Dengan adanya media video harapannya pembelajaran pada masa pandemi saatitu mampu menjadi jembatan guna menyonggsong proses pembelajaran tetap berjalan. SD Swasta GKPS II merupan satu dari sekian banyak nya sekolah baik tingkat dasar, menengah maupun perguruan tinggi yang menerapkan pembelajaran secara daring di masa pandemi. Dimana media video mampu ditonton berkali-kali oleh peserta didik dan dipelajari secara berulang. Pada masa pandemi inilah peran orang tua dan guru menjadi sangat diutamakan terlebih dalam hal meningkatkan kedisiplinan siswa dari segala aspek, baik dalam mengerjakan tugas, kehadiran dan lainnya. Dengan adanya media video, harapannya bukan hanya pembelajaran online saja yang terbantu, melainkan dalam pembelajaran offline tentunya. Media video saat ini menjadi salah satu media pembelajaran yang efektif untuk digunakan dan menarik perhatian belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya guru untuk meningkatkan kedisiplinan siswa selama pembelajaran daring.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...