Automata
Vol. 4 No. 1 (2023)

Implementasi Crowdsourcing Pada Website Smarttourism Pekanbaru Sebagai Upaya Membangun Citra dan Promosi Pekanbaru Sebagai Sebuah Destinasi Wisata

Muhammad Aiffahnan Susilo Hadi (a:1:{s:5:"en_US"
s:27:"Universitas Islam Indonesia"
})

Ari Sujarwo (Universitas Islam Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2023

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang cukup berpengaruh bagi perekonomian Indonesia. Oleh karenanya terdapat tendensi untuk mengembangkan destinasi wisata baru sebagai bentuk upaya pemerataan pariwisata yang selama ini terpusat di Bali. Salah satu daerah yang memiliki ketertarikan untuk mengembangkan destinasi wisata adalah kota Pekanbaru. Namun Pekanbaru sendiri belum dikenal sebagai sebuah destinasi wisata dan belum memiliki materi yang matang untuk dipromosikan. Oleh karenanya dikembangkan website Smarttourism sebagai media promosi. Website ini mengimplementasikan Crowdsourcing sebagai metode untuk membangun citra destinasi wisata (Crowdsourcing Identity) dan mengumpulkan materi promosi. Sistem Crowdsourcing ini diimplementasikan berdasarkan 5 kunci Crowdsourcing : The Crowd (Komunitas), The Crowdsourcer (Otoritas Penyelenggara), The Platform (Platform/Media), The Task (Tugas), The Benefit (manfaat) sebagai acuannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

AUTOMATA

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Automata mempublikasikan penelitian internal mahasiswa dan dosen Teknik Informatik Universitas Islam Indonesia. Topik-topiknya mencakup: Informatika Teori dan Sistem Cerdas Forensika Digital Sains Data Rekayasa Perangkat Lunak Informatika ...