Penelitian dilakukan di SD Islam Terpadu Al-Rahmah, dengansubyek penelitian adalah seluruh siswa. Pengumpulan datadilakukan dengan mengadakan observasi atau pengamatan,wawancara, dan dokumentasi. Analsisis data dilakukan denganmemberikan penjelasan terhadap data yang telah dikumpulkan.Pemeriksaan data dilakukan dengan melakukan triangulasiatau membandingkan data dari berbagai sumber dan ditarikkesimpulan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh tigasimpulan. Pertama implementasi pendidikan karakter melaluipembiasaan sehari-hari yang diterapkan di SD Islam TerpaduAl Rahmah telah ditetapkan sejak awal berdirinya sekolah,namun sejak tahun 2017 ada perubahan mengenai pembiasaansehari-hari guna mendorong peserta didik agar lebihmengutamakan sikap yang baik dan memiliki perilaku sopandan santun. Kedua, mengenai faktor pendorong danpenghambat yang akan menjadikan proses dalam menerapkankarakter itu sendiri dan yang ketiga adalah solusi daripermasalahan yang dihadapi sebab untuk menerapkanpendidikan karakter butuh proses waktu yang tidak sedikit,selain itu membutuhkan kerjasama antara kepala sekolah,guru-guru, peserta didik juga orangtua peserta didik
Copyrights © 2020