Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 1 No. 03 (2020): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Meningkatkan Hasil Belajar PKN Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Masri (Guru SD Negeri 007 Gunung Kijang)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan aktivitas guru dan siswa, peningkatan hasil belajar siswa serta respon siswa dalam penerapan metode pembelajaran bermain peran Pada kegiatan pembelajaran. aktivitas guru mengalami peningkatan dengan persentase pada siklus I sebesar 55,68%, pada siklus II sebesar 73,86% dan pada siklus III sebesar 96,58%. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran juga mengalami peningkatan persentase pada siklus I sebesar 60%, pada siklus II 70% dan pada siklus ke III sebesar 97,5%. Pada hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan persentase pada siklus I sebesar 60,50%, pada siklus II sebesar 78,50% dan pada siklus III sebesar 96,42%. Dengan demikian penggunaan metode pembelajaran bermain peran dapat menjadikan siswa aktif dan semangat dalam belajar dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...