Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 2 No. 01 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Penerapan Metode Reward dan Punishment dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Kelas IV Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Haurkolot, Indramayu

Yunus (Institut Agama Islam Al Zaytun, Indonesia)
Moch. Hasyim Fanirin (Institut Agama Islam Al Zaytun, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode reward dan punishment dalam penguasaan kosakata bahasa Arab (2) untuk mendapatkan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan penerapan metode  reward dan punishment dalam penguasaan kosakata bahasa Arab. Metode penelitian ini kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini antara lain: (1) penerapan metode reward dan punishment dalam penguasaan kosakata bahasa Arab membuat siswa dapat menentukan perbuatan yang harus dilakukan oleh siswa itu sendiri, ketika siswa malas dan ketika siswa berprestasi. Pemberian reward dan punishment disesuaikan dengan kondisi dan situasi siswa. Bentuk reward terbagi dua yaitu reward verbal  dan reward non verbal. Bentuk  punishment yaitu guru menyuruh siswa menulis ulang kosakata teks berbahasa Arab pada selembar kertas buku tulis. (2) Kelebihan metode ini memicu siswa berkompetisi, motivasi belajar siswa tumbuh dengan maksimal. Kekurangannya yaitu butuh biaya tambahan, beban psikologis bagi siswa pemalas, umumnya fokus pada siswa yang aktif. Dapat ditarik kesimpulannya yaitu (1) Tingkat penguasaan kosakata bahasa Arab dalam pembelajaran meningkat. (2) Tingkat keyakinan siswa dalam menguasai kosakata bahasa Arab. (3) Kepuasan mahasiswa dalam proses pembelajaran yang telah dilaksanakan. (4) Tentukan operasi yang harus dilakukan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...