Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 2 No. 02 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Analisis Kemampuan Guru dalam Meningkatkan Pengelolaan Penilaian Rubrik di Sekolah Dasar Negeri No.174566 Hutabarat

Tiurma Silalahi (SDN 174566 Hutabarat, Sumatera Utara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan menyangkut kinerja dan kompetensi guru di dalam melaksanakan profesi yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran di SDN No.174566 Hutabarat Tahun Pelajaran 2019/2020.  Dalam hal ini ada beberapa hal. Salah satunya adalah tentang merumuskan dan mengelola penilaian rubric yang sangat dibutuhkan dalam kerangka memenuhi system penilaian pada Kurikuum 2013. Oleh karena itu guru dituntut untuk mampu mengelolanya dengan benar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan sekolah (PTS) konsep pokok penelitian tindakan terdiri dari empat komponen pokok yang menunjukkan langkah-langkah sebagai berikut: perencanaan atau planning, tindakan atau acting, pengamatan atau observing dan refleksi atau Reflecting. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di SDN No.174566 Hutabarat Desa Hutabarat Parjulu Kecamatan Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 7 orang. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasantersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Lesson Study telah memberikan kesempatan yang luas kepada kepala sekolah  Sebagai peneliti bersama guru untuk dapat saling bertukar pikiran dan pengalaman,  merasakan adanya manfaat atas pelaksanaan penelitian ini  untuk meningkatkan kompetensinya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...