Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 2 No. 03 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembuatan Video Pembelajaran Melalui In House Training (IHT) di SMP Negeri 26 Depok

Farida Nurbaiti (SMP Negeri 26 Depok)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2021

Abstract

Media pembelajaran yang dinilai cukup efektif untuk pelaksanaan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) adalah video pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti yang merupakan kepala sekolah SMPN 26 Depok mengadakaan Penelitian Tindakan Sekolah untuk melihat apakah In House Training (IHT) dapat meningkatkan kompetensi guru dalam membuat video pembelajaran sebagai media dalam PJJ. Penelitian dilakukan dengan subjek penelitian ini adalah guru, sedangkan penelitian dilakukan di SMPN 26 Depok berjumlah 40 orang pada bulan Juli sampai Desember 2020. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, dan angket. Peneitian ini termasuk kedalam penelitian tindakan sekolah untuk inovasi, data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus dan tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan kegiatan IHT dengan narasumber dari pihak pihak luar yang ahli dalam bidang teknologi pembelajaran dan rekan sejawat dengan topik pembuatan video pembelajaran dengan teknik screencast, green screen, dan editing video dengan filmora. Pada akhir siklus dua diperoleh bahwa dalam dalam bulan Juli-November 2020, SMPN 26 Depok berhasil mengembangan youtube chanel video pembelajaran duaenam dengan alamat https://s.id/video_pembelajaran_duaenam. Pada akhir November 2020 chanel tersebut sudah berisi 157 video pembelajaran dan video Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Berdasarkan hasil observasi dan refleksi diri maka IHT dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menguasai TIK untuk pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil refleksi diri guru SMPN 26 Depok yang menyatakan sebanyak 89,5% dan pada siklus 2 sebanyak 94,9% guru merasakan peningkatan kompetensi TIK nya. Selain itu, sebanyak 90% guru SMPN 26 Depok telah berkontribusi dalam pembuatan video pembelajaran dan menggunakannya untuk PJJ.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...