Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 2 No. 05 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

“Mogok” Sekolah dan Pengembangan Kecerdasan Anak Usia Dini

Yuliana Yuliana (TK IT Alief Mardhiyah, Cirebon)



Article Info

Publish Date
25 May 2021

Abstract

Tujuaan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis penyebab dan cara menangani anak mengalami mogok sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Literature Review. Dalam artikel ini data diperoleh dari mengkaji beberapa sumber teori terkait mogok sekolah dan pengembangan kecerdasan anak usia dini serta pengamatan langsung di TKIT Alief Mardhiyah. Kemudian dianalisis melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, pengorganisasian, Drafting, Editting dan Redrafting. Berdasarkan hasil kajian literatur, diketahui ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk dapat menangani anak yang mengalami mogok sekolah antara lain perhatikan kondisi anak-anak sebelum tidur, pahami minat-bakat anak, memotivasi anak dengan hal-hal yang disukainya, orang tua tidak mengomel berkepanjangan, ciptakan rasa aman pada anak serta meningkatkan kerjasama antara orang tua dan sekolah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...