Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 2 No. 08 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia ( Japendi )

Evaluasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

Fitra Tamami (MTsN 4 Jombang, Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2021

Abstract

Latar Belakang: Pembelajaran di era pandemi adalah sebuah tantangan baru dalam dunia pendidikan. Selama berjalan setahun lebih pandemi COVID-19  ini pembelajaran di sekolah menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh atau dalam jaringan (daring). Tujuan: Mengevaluasi bagaimana pembelajaran secara daring dalam masa pandemi. Metode: Menggunakan metode observasi selama proses pembelajaran dan kuesioner di akhir tahun pelajaran untuk mendapat data dari sampel peserta didik dan wali peserta didik. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil: Kegiatan pembelajaran tatap muka sangat dibutuhkan bagi peserta didik, guru dan juga orang tua atau wali peserta didik. Meskipun situasi dan kondisi masih dalam masa pandemi pembelajaran tatap muka bisa dilaksanakan dengan tetap menerapkan disiplin ketat protokol kesehatan. Kesimpulan: Pembelajaran tatap muka sebagai penguat hubungan guru dan peserta didik seperti hubungan ayah dan ibu dengan anak serta untuk optimalisasi proses pembelajaran menjadi sangat penting dan harus segera dilaksanakan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...