Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 2 No. 09 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Pengembangan LKPD Berbasis PBL Berorientasi Hots untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar

Dewi Saraswati (Universitas Lampung, Lampung, Indonesia)
I Wayan Distri (Universitas Lampung, Lampung, Indonesia)
Alben Ambarita (Universitas Lampung, Lampung , Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2021

Abstract

Latar Belakang: Dalam peningkatan pembelajaran agar mutu peserta didik lebih berkualitas dipelukan pengajaran serta sarana dan prasarana yang baik yang dapat membantu peserta didik memaknai belajarnya. Akan tetapi kenyataannya penerapan pembelajaran yang bermakna serta sarana dan prasarana pendidikan yang ada di sekolah-sekolah saat ini masih kurang memadai. Tujuan: Mengembangkan LKPD berbasis problem based learning berorientasi high order thinking skills untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dan mengetahui kelayakan LKPD. Metode: Menggunakan metode (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah empat orang guru kelas V dan 28 siswa SD IT Smart Insani. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil: Validasi tiga dosen ahli menyatakan bahwa LKPD layak digunakan dengan kategori sangat valid (82,80%). Teknik analisis data keefektifan produk pada uji coba lapangan menggunakan uji independent sample t-Tes. Hasil uji coba terbatas pada 14 siswa menunjukkan LKPD praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran. LKPD hasil pengembangan praktis digunakan oleh siswa dengan kategori “sangat praktis” (88,94%) dan oleh guru dengan kategori “sangat praktis” (93,75%). Hasil uji coba lapangan yang dilakukan pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa LKPD efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang ditunjukkan oleh hasil analisis Independent t-Tes bahwa terdapat perbedaan signifikan terhadap rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah peserta didik (0,012 < 0,05) antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, LKPD yang telah dikembangkan dikatakan layak digunakan untuk kelas V SD. Kesimpulan: Berdasarkan validitas dan uji coba yang dilakukan kepada respondent menunjukkan bahwa LKPD bisa dikembangkan serta digunakan untuk pembelajaran kelas V SD

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...