Latar Belakang: Kurang maksimalnya guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Tujuan: Meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran daring maupun luring melalui supervisi akademik dengan pendekatan artistik. Metode: Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilakukan dalam dua siklus dengan subyek penelitian sebanyak 8 orang yang terdiri dari 6 guru kelas dan 2 guru mata pelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik dengan pendekatan artistik dapat meningkatkan kinerja guru pada siklus I sebesar 75 % meningkat menjadi 85,5% pada siklus II. Sehingga terjadi peningkatan sebesar 12,5 %. Kesimpulan: Peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan supervisi akademik secara artistik dapat meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran daring. Hal ini terlihat dari hasil Siklus 1 dan Siklus 2 yang menunjukan bahwa kinerja guru dalam menyusun RPP dan melaksanakan pembelajaran mengalami peningkatan
Copyrights © 2021