Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 2 No. 10 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Supervisi Akademik dengan Pendekatan Artistik untuk Meningkatkan Kinerja Guru dalam Pembelajaran Daring

Elok Catur Wilujeng (SD Negeri Sumberejo 01 Batu)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2021

Abstract

Latar Belakang: Kurang maksimalnya guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Tujuan: Meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran daring maupun luring melalui supervisi akademik dengan pendekatan artistik. Metode: Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilakukan dalam dua siklus dengan subyek penelitian sebanyak 8 orang yang terdiri dari 6 guru kelas dan 2 guru mata pelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik dengan pendekatan artistik dapat meningkatkan kinerja guru  pada siklus I sebesar 75 % meningkat menjadi 85,5% pada siklus II. Sehingga terjadi peningkatan sebesar 12,5 %. Kesimpulan: Peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan supervisi akademik secara artistik dapat meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran daring. Hal ini terlihat dari hasil Siklus 1 dan Siklus 2 yang menunjukan bahwa kinerja guru dalam menyusun RPP dan melaksanakan pembelajaran mengalami peningkatan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...