Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 2 No. 11 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Penerapan Coaching dalam Program Perkembangan Peserta Didik

Nani Herlina Pasaribu (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2021

Abstract

Latar Belakang: Program merdeka belajar, gagasan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, ini merupakan pilihan bebas yang dapat diberikan kepada murid agar sesuai dengan minat dan karakter mereka.  Mengingatkan bahwa tugas guru tidak hanya menjalankan kurikulum tetapi juga menjadi penghubung antara kurikulum dan minat siswa, setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Tujuan: Penulisan ini bertujuan untuk Memberikan gambaran umum pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Coaching. Metode: Menggunakan metode studi literatur yang telah dikompilasi, dianalisis, dan disimpulkan dari beberapa jurnal yang relevan dengan judul penelitian. Hasil: Memberikan tindak lanjut terhadap kekurangan-kekurangan yang ada. Sehingga proses pembelajaran menjadi lebih bermakna, interaktif, dan menyenangkan bagi peserta didik. Kesimpulan: Coaching merupakan salah satu metode yang efektif untuk diterapkan dalam bidang pendidikan yang prosesnya berpusat pada siswa. Dengan metode ini, pendidik dapat mendorong peserta didik untuk menerapkan kemampuan komunikasi, kolaborasi, berpikir kreatif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...