Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 3 No. 02 (2022): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Permainan Disco TKO Menggunakan Google Sheets Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas IXA Smp Negeri 1 Welahan

Duhron Firdaus (SMP Negeri 1 Welahan)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2022

Abstract

Latar Belakang: Sumber daya di sekolah belum dimanfaatkan secara optimal dalam pembelajaran dan belum digunakannya strategi dan media pembelajaran yang tepat. Sumber daya yang belum dimanfaatkan secara maksimal dalam proses pembelajaran adalah laboratorium komputer. Tujuan: Meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui permainan disco TKO menggunakan Google Sheets. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.  Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi keaktifan dan tes hasil belajar di setiap siklus. Hasil: Menunjukkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran yakni keaktifan dan hasil belajar siswa. Peningkatan keaktifan siswa dapat dilihat dari siklus II bahwa siswa yang melaksanakan tugas dan reaksi tugas sudah banyak. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil belajar siswa kondisi awal ke kondisi akhir terdapat peningkatan hasil belajar yaitu banyaknya siswa yang mendapat nilai di atas 75 atau banyak siswa yang sudah tuntas lebih dari 75%. Demikian juga dari keaktifan siswa, banyaknya siswa yang memenuhi kriteria aktif berkategori tinggi atau sangat tinggi mencapai lebih dari 75%. Kesimpulan: Melalui permainan  Disco TKO berbantuan Google Sheets  kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan. Kualitas pembelajaran dalam hal ini adalah aktivitas siswa dan hasil belajar kelas IXA SMP Negeri 1 Welahan tahun pelajaran 2019/2020.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...