Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 3 No. 02 (2022): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Meningkatkan Mutu Para Pendidik di Masa Pandemi Covid-19 dengan Pelatihan E-Modul Sigil di SMA Veteran 1 Sukoharjo

Sugiyarto (SMA Veteran 1 Sukoharjo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2022

Abstract

Latar Belakang: Penelitian yang bersiklus, yang terdiri dari: rencana, aksi/tindakan, observasi, dan  refleksi yang dilakukan secara berulang. Pemberian tindakan dimaksud untuk mengimplementasikan kegiatan supervisi pelatihan dalam pembuatan e-modul sigil seperti dalam perencanaan. Meskipun demikian, tindakan dapat pula berubah tergantung pada situasi nyata yang dihadapi pada saat pelaksanaan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan mutu para pendidik di masa pandemi COVID-19 dengan pelatihan e-modul sigil di SMA Veteran 1 Sukoharjo. Metode: Penelitian yang bersiklus, yang terdiri dari: rencana, aksi/tindakan, observasi, dan  refleksi yang dilakukan secara berulang. Pemberian tindakan dimaksud untuk mengimplementasikan kegiatan supervisi pelatihan dalam pembuatan e-modul sigil seperti dalam perencanaan. Hasil:  Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dengan dilaksanakan supervisi kepala sekolah, dapat meningkatkan pelaksanaan dalam pelatihan pembuatan e-modul sigil. Semua guru telah berusaha sungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan pembuatan e-modul sigil mulai tahap merencanakan pembelajaran, menjalankan pelaksanaan pelatihan secara maksimal dan mengikuti evaluasi pelatihan pembuatan e-modul sigil, agar bisa memaksimalkan media pembelajaran elektronik pada kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara daring/ online pada masa COVID-19. Kesimpulan: Seluruh guru telah serius mengikuti pelatihan produksi cetakan modul elektronik mulai dari perencanaan tahap pembelajaran, memaksimalkan pelaksanaan pelatihan, hingga mengikuti evaluasi produksi pelatihan produksi cetakan modul elektronik, guna memaksimalkan penggunaan media pembelajaran elektronik dalam pembelajaran online selama Covid-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...