Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 3 No. 07 (2022): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Pengembangan Model Bahan Ajar Matematika Interaktif Berbasiskan Teknologi Komputer di SMAN 6 Pandeglang

Muhammad Yana (SMKN 8 Pandeglang dan Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2022

Abstract

Beratnya beban kompetensi yang diharapkan dapat tercapai pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, tentunya mensyaratkan perlunya perubahan paradigma pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap siswa SMAN 6 Pandeglang setelah mendapat pembelajaran dengan model bahan ajar interaktif berbasiskan computer dan mengetahui karakteristik model bahan ajar matematika interaktif berbasiskan komputer yang dapat menumbuhkan sikap positif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research). Penulis memilih pendekatan development research sebab penelitian ini bermaksud membuat model media pembelajaran, dalam hal ini model bahan ajar matematika interaktif berbentuk turorial interaktif. Hasil penelitian ini yaitu sikap siswa SMAN 6 Pandeglang setelah mendapat pembelajaran dengan model bahan ajar matematika interaktif berbasiskan teknologi komputer adalah positif dan arakteristik model bahan ajar matematika interaktif berbasiskan teknologi komputer yang dapat meningkatkan sikap positif siswa SMAN 6 Pandeglang terhadap matematika dilihat dari beberapa aspek yaitu aspek petunjuk dan penggunaan program, teks bacaan, gambar animasi, tampilan warna, suara narator dan suara music sebagai ilustrasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...