SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan
Vol 6 No 1 (2019): SEUNEUBOK LADA VOL 6 NOMOR 1 2019

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUNGAI RAYA KAB. ACEH TIMUR

Mardiani Mardiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2019

Abstract

Pendidikan di sekolah saat ini diarahkan menuju proses pembelajaran yang interaktif yang menjadikan peserta didik sebagai subjek dan objek pembelajaran, sehingga peserta didik menjadi aktif tidak lagi pasif dalam pembelajaran. Merupakan tugas dan peran seorang pendidik untuk merancang bagaimana menciptakan suatu proses pembelajaran interaktif yang menjadikan peserta didik sebagai pemeran utama dalam proses pembelajaran. Serta bagaimana memfasilitasi peserta didik agar mudah memahami materi yang diajarkan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Berdasarkan data awal yang didapat menunjukkan bahwa hasil belajar mata pelajaran IPS materi pokok Keunggulan Tanah di Indonesia berada dibawah ketuntasan klasikal. Ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik hanya mencapai 25% sedangkan 75% peserta didik belum mampu mencapai kriteria ketuntasan minimum. Ketuntasan klasikal tersebut masih kurang dari ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan sekolah yaitu 85%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jsnbl

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

The Seuneubok Lada journal only publishes scientific works resulting from empirical and theoretical research to develop science. The focus of the Seuneubok Lada Journal is the field of historical education, social history and culture. History education includes the study of history education in ...