Pendidikan di sekolah saat ini diarahkan menuju proses pembelajaran yang interaktif yang menjadikan peserta didik sebagai subjek dan objek pembelajaran, sehingga peserta didik menjadi aktif tidak lagi pasif dalam pembelajaran. Merupakan tugas dan peran seorang pendidik untuk merancang bagaimana menciptakan suatu proses pembelajaran interaktif yang menjadikan peserta didik sebagai pemeran utama dalam proses pembelajaran. Serta bagaimana memfasilitasi peserta didik agar mudah memahami materi yang diajarkan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Berdasarkan data awal yang didapat menunjukkan bahwa hasil belajar mata pelajaran IPS materi pokok Keunggulan Tanah di Indonesia berada dibawah ketuntasan klasikal. Ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik hanya mencapai 25% sedangkan 75% peserta didik belum mampu mencapai kriteria ketuntasan minimum. Ketuntasan klasikal tersebut masih kurang dari ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan sekolah yaitu 85%.
Copyrights © 2019