PT. Pos Indonesia sebagai perusahaan BUMN yang bergerak dibidang jasa ekpedisi, saat ini memiliki aplikasi mobileyang bernama PosAja!.Aplikasi ini untuk memudahkan pemilik UMKM yang kian bertambah pada saat pandemi covid-19 dalam menjalankan bisnisnya. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, ditemukan fakta bahwa aplikasi tersebut masih belum optimal dan belum mampu memenuhi kebutuhan user, baikdari segi tampilan user interface maupunuser experience. Perancangan ini bertujuan untuk merancang ulang dan menghasilkanprototype mobile apps PosAja!yang efektif bagi user dan diharapkan dapat mempermudah proses pengiriman paket sehingga dapat tercipta efektifitas serta efisiensi waktu. Perancangan diawali dengan penelitian kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi, studi pustaka, kuisioner dan wawancara dengan berbagai pihak, baik dari internal PT. Pos Indonesia maupun pihak eksternal seperti pemilik UMKM dan seorang praktisi UI/UX. Data dianalisis menggunakan analisis visual dan analisis matriks perbandingan. Hasil dari perancangan ini berupa prototype aplikasi mobile jasa ekspedisi PT. Pos Indonesia. Dengan adanya tampilan prototype aplikasi mobile ini, diharapkan dapat menjadi rekomendasi PT. Pos Indonesia yang mampu menjembatani UMKM dalam melakukan pengiriman paket menggunakan jasa ekspedisi PT. Pos Indonesia.
Copyrights © 2022