Jurnal Pengabdian Mandiri
Vol. 2 No. 2: Februari 2023

PEMANFAATAN PEMASARAN ONLINE BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN BAGI PELAKU UMKM

Retno Dewi Wijiastuti (Universitas Muhammadiyah Sorong)
Nur Aeni Waly (Universitas Muhammadiyah Sorong)
Ahamd Jamil (Universitas Muhammadiyah Sorong)
Mitta Muthia Wangsi (Universitas Muhammadiyah Sorong)
Digor Mufti (Universitas Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2023

Abstract

Pelaku UMKM di Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat Daya jumlahnya cukup banyak berkisar 5.875, namun kehadiran UMKM di kabupaten Sorong juga tidak terlepas dari kendala, salah satunya adalah pemasaran yang masih dilakukan secara konvensional dan penggunaan digital marketing yang masih sangat terbatas. Tujuan dilaksanakannya pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu para pelaku UMKM dalam meningkatkan penjualan melalui pemanfaatan digital marketing. Peserta kegiatan ini adalah perwakilan pelaku UMKM dari masing-masing distrik sekabupaten Sorong berjumlah 81 orang. Metode yang digunakan yaitu sosialisasi, eksplorasi aplikasi, praktik pemasaran online berbasis digital marketing dan dilanjutkan dengan sesi diskusi. Hasil dari pengabdian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pengetahuan dan pemahaman pelaku UMKM tentang pemasaran online berbasis digital marketing semakin meningkat, peserta juga termotivasi untuk melakukan pemasaran online melalui media social dan marketplace.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Mandiri and with printed version of ISSN:2809-8889 and the online version of ISSN:2809-8579 accomodates original research, or theoretical papers. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches that ...