Journal of Mathematics Learning Innovation (JMLI)
Vol 1 No 1 (2022): Journal of Mathematics Learning Innovation

IMPLEMENTASI VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS X MIPA SMA NEGERI 4 BARRU

Rahma, Sitti Rahma (Unknown)
Ahsan, Muhammad (Unknown)
Usman, Usman (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 4 Barru setelah implementasi video pembelajaran. Pendekatan yang digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain one-group pre-test-post-test design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA 3. Pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test. Teknik analisis yang digunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan analisis kuantitatif pada hasil pre-test sebelum implementasi video pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 40,05 dan frekuensi tertinggi berdasarkan klasifikasi adalah ketegori kurang yang layak sebesar 45%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik sebelum diberikan perlakuan masih dalam klasifikasi berkategori kurang. (2) Berdasarkan analisis kuantitatif pada hasil post-test sebelum implementasi video pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 66,64 dan frekuensi tertinggi berdasarkan klasifikasi adalah ketegori baik yang layak sebesar 41%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik setelah diberikan perlakuan mengalami peningkatan. (3) Berdasarkan uji hipotesis hasil analisis diperoleh thitung ttabel yaitu 8.575 > 2.079. Hal ini membuktikan bahwa implementasi media video pembelajaran dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 4 Barru (2) Berdasarkan analisis kuantitatif pada hasil post-test sebelum implementasi video pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 66,64 dan frekuensi tertinggi berdasarkan klasifikasi adalah ketegori baik yang layak sebesar 41%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik setelah diberikan perlakuan mengalami peningkatan. (3) Berdasarkan uji hipotesis hasil analisis diperoleh thitung ttabel yaitu 8.575 > 2.079. Hal ini membuktikan bahwa implementasi media video pembelajaran dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 4 Barru (2) Berdasarkan analisis kuantitatif pada hasil post-test sebelum implementasi video pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 66,64 dan frekuensi tertinggi berdasarkan klasifikasi adalah ketegori baik yang layak sebesar 41%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik setelah diberikan perlakuan mengalami peningkatan. (3) Berdasarkan uji hipotesis hasil analisis diperoleh thitung ttabel yaitu 8.575 > 2.079. Hal ini membuktikan bahwa implementasi media video pembelajaran dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 4 Barru Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik setelah diberikan perlakuan mengalami peningkatan. (3) Berdasarkan uji hipotesis hasil analisis diperoleh thitung ttabel yaitu 8.575 > 2.079. Hal ini membuktikan bahwa implementasi media video pembelajaran dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 4 Barru Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik setelah diberikan perlakuan mengalami peningkatan. (3) Berdasarkan uji hipotesis hasil analisis diperoleh thitung ttabel yaitu 8.575 > 2.079. Hal ini membuktikan bahwa implementasi media video pembelajaran dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 4 Barru

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMLIPARE

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Journal of Mathematic Learning Innovation (JMLI) adalah jurnal internasional akses terbuka peer-refereed yang telah didirikan untuk penyebaran pengetahuan mutakhir di bidang pendidikan matematika. Jurnal ini didirikan atas kerjasama antara pengembangan pendidikan matematika dan matematika. Mulai ...