Jurnal Bahasa Inggris Terapan
Vol 4 No 2 (2018): Oktober 2018

Pilihan Kata Sebagai Manifestasi Konsep Kesetaraan Gender Dalam Wacana Kampanye Un Women

Zewitra Zewitra (Politeknik Negeri Bandung)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan nilai yang terkandung dalam pilihan kata yang digunakan dalam wacana kampanye kesetaraan gender UN Women dan (2) menjelaskan representasi konsep kesetaraan gender yang dimanifestasikan melalui pilihan kata yang digunakan dalam wacana kampanye tersebut. Objek penelitian adalah wacana-wacana kampanye kesetaraan gender yang diperoleh dari situs resmi UN Women (www.unwomen.org). Ditemukan lima belas wacana yang memiliki muatan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. Wacana-wacana ini dianalisis dengan menggunakan pendekatan Analisis Wacana Kritis berdasarkan teori Fairclough sebagai dasar untuk menemukan nilai yang terkandung dalam pilihan kata yang digunakan. Selanjutnya, metode interpretasi diaplikasikan untuk melihat representasi konsep kesetaraan gender yang termanifestasi melalui pilihan-pilihan kata tersebut. Penelitian ini menghasilkan dua simpulan. Pertama, pilihan kata yang digunakan dalam wacana kampanye kesetaraan gender UN Women mengandung tiga nilai, yaitu nilai eksperiental, nilai ekspresif, dan nilai relasional. Kedua, berdasarkan interpretasi terhadap pilihan kata, diperoleh tiga representasi konsep kesetaraan gender. Representasi 1 yaitu kesetaraan gender dipandang sebagai sebuah kondisi ketika perempuan ditempatkan pada posisi yang setara dan diberi kesempatan yang sama dengan laki-laki. Representasi 2 yaitu kesetaraan gender dinilai dapat membawa perubahan bagi masa depan yang lebih baik. Representasi 3 yaitu kesetaraan gender merupakan tanggung jawab semua pihak.     

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

inggris

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Bahasa Inggris Terapan covers the research on Applied English in  English Language Teaching, English Specific Purposes (ESP), English for Academic Purposes (EAP), Systemic Functional Linguistics (SFL), Critical Discourse Analysis (CDA), Discourse Analysis (DA), Digital Literacy, Information ...