Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman peserta didik tentang kesehatan reproduksi remaja sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan kognitif serta untuk menguji efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan kognitif. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian the non equivalent control group. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 orang peserta didik kelas VIII-3 SMP Adabiah Padang. Instrumen yang digunakan angket denga model Skala Guttman. Teknik analisis data yang digunakan yakni Wilcoxon Singed Rank Test untuk mengetahui perbandingan skor pretest dan posttest. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terjadinya peningkatan pemahaman peserta didik mengenai kesehatan reproduksi remaja, serta layanan bimbinan kelompok dengan pendekatan kognitif efektif untuk meningkatkan pemahaman kesehatan reproduksi remaja. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemahaman kesehatan reproduksi remaja dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan kognitif efektif.
Copyrights © 2023