InEJ: Indonesian Engagement Journal
Vol 3, No 2 (2022)

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGAJAR MATERI IPA DAN MATEMATIKA BERBASIS LABORATORIUM BAGI GURU KELAS MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN MLARAK, PONOROGO

Kurnia Hidayati (IAIN Ponorogo)
Kharisul Wathoni (IAIN Ponorogo)
Esti Yuli Widayanti (IAIN Ponorogo)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

Kegiatan ini merupakan program Pengabdian kepada Masyarakat dari dosen di lingkup Institut Agama Islam Negeri Ponorogo pada tahun 2021. Dengan mengacu pada kluster pengabdian peningkatan program studi  maka pengabdian  ini  memilih  sasaran  madrasah  ibdidaiyah  di lingkup  kabupaten  Ponorogo.  Sasaran  dari  Pengabdian  adalah  guru kelas  madrasah  ibtidaiyah  di  kecamatan  Mlarak  sebanyak  25  orang guru. Tujuan dari program pengabdian adalah meningkatkan keterampilan guru kelas dalam pembelajaran berbasis laboratorium untuk pembelajaran materi IPA dan matematika. Metode pengabdian yang digunakan adalah dengan pendekatan edukatif dalam bentuk pelatihan atau workshop. Workshop dilaksanakan dengan strategi pembelajaran langsung menggunakan teknik ceramah, diskusi, demonstrasi, dan praktik. Output atau luaran dari kegiatan pengabdian ini adalah guru kelas yang terampil dalam melaksanakan langkah- langkah pengajaran matematika dan IPA berbasis laboratorium serta guru yang terampil dalam penggunaan alat laboratorium untuk pembelajaran materi IPA dan matematika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

inej

Publisher

Subject

Religion Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

InEJ: Indonesian Engagement Journal is a biannual journal that published in June and December by the Institute for Research and Community Services of State Institute for Islamic Studies (IAIN) Ponorogo. The journal is focus on the result of community services and activities by empowering the society ...