Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan menulis teks siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran konvensional, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang mempunyai kebiasaan membaca tinggi, dan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang mempunyai kebiasaan membaca tinggi pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes keterampilan menulis teks eksposisi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD mempengaruhi keterampilan menulis teks eksposisi. Keterampilan menulis teks eksposisi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang mempunyai kebiasaan membaca tinggi lebih baik daripada keterampilan menulis teks eksposisi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional siswa yang mempunyai kebiasaan membaca tinggi.
Copyrights © 2017