Bahasa, Sastra, Pembelajaran
Vol 5, No 1 (2017): Februari 2017

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Kebiasaan MembacaTerhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi

Anisa Rusyda (Universitas Negeri Padang)
Syahrul Ramadhan (Universitas Negeri Padang)
Novia Juita (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan menulis teks siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran konvensional, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang mempunyai kebiasaan membaca tinggi, dan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang mempunyai kebiasaan membaca tinggi pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes keterampilan menulis teks eksposisi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD mempengaruhi keterampilan menulis teks eksposisi. Keterampilan menulis teks eksposisi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang mempunyai kebiasaan membaca tinggi lebih baik daripada keterampilan menulis teks eksposisi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional siswa yang mempunyai kebiasaan membaca tinggi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

bsp

Publisher

Subject

Description

BSP: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran is open-access peer-reviewed online journal which provides a forum for the full range of scholarly study of the languages, literarture, and arts education. The editors welcome articles and research reports addressing the innovation and development in ...