Perspektif
Vol 2 No 1 (2022)

PENDIDIKAN ISLAM DAN KEADILAN EKONOMI

Fakhrurazi Reno Sutan (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2022

Abstract

Abstrak Penulisan artikel ini bertujuan untuk menjelaskan kontribusi Pendidikan Islam terhadap keadilan ekonomi. Pertanyaan yang dikemukakan adalah nilai-nilai apa yang diajarkan dan ditanamkan dalam Pendidikaan Islam yang mendukung upaya mewujudkan keadilan ekonomi. Berdasarkan penelusuran pustaka dan teks yang terkait dengan pertanyaan penulisan ini dapat disimpulkan bahwa kontribusi Pendidikan Islam dalam upaya mendukung terwujudnya keadilan ekonomi, adalah penanaman nilai-nilai Islam kepada masyarakat khususnya masyarakat Islam, yaitu nilai-nilai ketuhanan (rabbaniyah), kemanusiaan (insaniyah), universal (alamiyah), konprehensif (syumuliyah), sederhana (wasathiyah), kesetaraan (musawah) dan keadilan (‘adalah) dan kasih sayang (rahmah).   Abstract Writing this article aims to explain the contribution of Islamic Education to economic justice. The question raised is what values are taught and instilled in Islamic Education that support efforts to realize economic justice. Based on a search of literature and texts related to this writing question, it can be concluded that the contribution of Islamic Education in an effort to support the realization of economic justice, is the inculcation of Islamic values in society, especially Islamic society, namely the values of divinity (rabbaniyah), humanity (insaniyah), universal (alamiyah), comprehensive (syumuliyah), simple (wasathiyah), equality (musawah) and justice (' is) and compassion (rahmah).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

perspektif

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Perspektif adalah jurnal ilmiah nasional multidisiplin dengan akses terbuka. Tujuan kami adalah menyebarluaskan artikel terkini dan orisinil dari para peneliti, pemerhati, peneliti, widyaiswara, praktisi, pengambil keputusan, dosen dan mahasiswa tentang masalah dalam bidang ilmu pendidikan, ...