Perspektif
Vol 2 No 1 (2022)

PROGRAM PENDIDIKAN NON-FORMAL SEBAGAI SOLUSI TERHADAP DAMPAK PANDEMI COVID 19: STUDI DESKRIPTIF

Nursalim (Pasca UMJ)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2022

Abstract

Abstrak Dampak virus covid-19 yang melanda dunia sekarang menimbulkan efek yang besar bagi masyarakat dunia, dan nyaris melumpuhkan semua sektor kehidupan. Untuk mengembalikan semangat bangkit dari persoalan krisis ini dibutuhkan perencanaan, koordinasi, sinkronisasi program yang efektif dan efisien. Pendekatan pemecahan masalah yang komprehensif dengan pelibatan aktif masyarakat berdampak atau pemberdayaan (empowering) dipandang yang lebih mendekati kalaupun tidak dipandang sangat tepat. Pola pelaksanaan kegiatan yang dibangun dengan pendekatan secara demokratis dan aspiratif dengan cara membangun komunikasi atau dialog langsung untuk menyerap aspirasi. Masyarakat diberikan alternatif untuk memilih programnya sendiri sesuai dengan kebutuhannya. Kegiatan pemberdayaan masyarakat dapat diintegrasikan melalui kegiatan atau program-program yang diselenggarakan di pendidikan nonformal. Waktu kegiatannya yang singkat, persyaratan yang mudah serta tidak tergantung pada latar belakang pendidikan warga belajarnya, menjadikan program Pendidikan non formal dapat mengatasi masyarakat berdampak covid-19. Abstract The impact of the Covid-19 virus that has hit the world now has a huge effect on the world community, and has almost paralyzed all sectors of life. To restore the spirit of rising from this crisis problem, effective and efficient planning, coordination and program synchronization are needed. A comprehensive problem-solving approach with the active involvement of impacted or empowering communities is seen as closer, if not considered very appropriate. The pattern of implementing activities that are built with a democratic and aspirational approach by building direct communication or dialogue to absorb aspirations. Communities are given alternatives to choose their own program according to their needs. Community empowerment activities can be integrated through activities or programs held in non-formal education. The short activity time, easy requirements and not depending on the educational background of the learning residents, makes the non-formal education program able to deal with the community impacted by Covid-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

perspektif

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Perspektif adalah jurnal ilmiah nasional multidisiplin dengan akses terbuka. Tujuan kami adalah menyebarluaskan artikel terkini dan orisinil dari para peneliti, pemerhati, peneliti, widyaiswara, praktisi, pengambil keputusan, dosen dan mahasiswa tentang masalah dalam bidang ilmu pendidikan, ...