UMKM di Indonesia mempunyai banyak masalah yang dihadapi seperti banyak saingan,tenaga kerja tidak siap, kekurangan pengetahuan menjalankan usaha online, konsumen mampumenjalankan internet, dll. Maka dari itu pelaku usaha UMKM perlu memiliki strategi dalamberusaha seperti mempunyai competitive advantage. Mempunyai competitive advantage setiapUMKM harus didukung oleh intellectual capital agar organizational culture dalam UMKM dapatberjalan dengan baik yang mendukung pencapaian UMKM tersebut. Penelitian ini bertujuan untukapakah organizational culture, Intellectual capital dan competitive advantage berpengaruh terhadapUMKM di E-Commerce. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitumenggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis multivariat. Hasil dari penelitian inimembuktikan bawah organizational culture, intellectual capital dan competitive advantage dapatmempengaruhi UMKM. Saran untuk pelaku usaha UMKM agar dapat menerapkan organizationalculture, intellectual capital dan competitive advantage agar dapat bertahan dengan kondisi sekarangini yang lebih bersaing antar pelaku usaha.
Copyrights © 2021