Anak yang sering telat datang sekolah, menangis saat ditinggal orang tuanya, tidak mau bergaul dan kurang tanggung jawab membuat rendahnya nilai karakter anak. Tujuan penelitian yaitu menganalisis layanan BKp berbasis Islami terhadap karakter anak di TK yang meliputi bidang pribadi-sosial dan belajar. Metode yang digunakan ialah RD. TK Islam Al Adaby ialah subjek penelitian ini, yang berlokasi di Kota Pontianak. Data primer yaitu kepala sekolah, guru, peserta didik dan orang tua serta sekunder yaitu dokumen, merupakan sumber data penelitian. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasilnya model BKp Islami cukup memadai dalam meningkatkan karakter anak dari hasil uji lapangan dengan skor penilaian rata-rata 84,49%, serta penilaian validator rata-rata 83,66%. Produk akhir dinilai sangat layak digunakan sebagai model BKp Islami dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan karakter anak
Copyrights © 2023