Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matemtaika pada materi KPK dan FPB di kelas 4 SD Negeri Buajangka tahun ajaran 2019/2020 melalui penerapan model Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes hasil belajar siswa dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat: a) meningkatkan aktivitas mengajar guru, pada siklus I 75,83% meningkat menjadi 90,85% pada siklus II. b) meningkatkan aktivitas belajar siswa, pada siklus I 68% meningkat menjadi 82,5% pada siklus II. c) meningkatkan hasil belajar Matemtaika pada materi KPK dan FPB. Hasil belajar pada siklus I persentase pencapaian ketuntasan sebesar 62,5% (5 siswa) dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5% (7 siswa) dari jumlah keseluruhan 8 siswa, dengan demikian perbaikan dengan Model Problem Based Learning dapat dikatakan berhasil karena hasil belajar mencapai tujuan yakni 75%.Kata kunci: Problem Based Learning; Hasil Belajar
Copyrights © 2021