JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah)
Vol. 5 No. 1 (2023): January Edition

Tingkat Pencapaian Konsep Merencanakan Pembelajaran Menurut Bruner Dan David Ausubel

Idawati Idawati (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Fatimatuzzahra Fatimatuzzahra (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini memakai metode studi pustaka, yang mana berisikan teori-teori dan materi yang sejalan dengan topik atau masalah yang menjadi objek penelitian. Lalu teori dan materi tersebut diperoleh dari buku-buku, karya ilmiah, jurnal, internet dan sumber-sumber lainnya.Metode pengumpulan data yang digunakan ialah sumber-sumber  data menggunakan  sumber  sekunder.  Seperti  buku  yang  sesuai  dengan  topik  pembahasan  yang dibicarakan. Penelitian ini  dilatarbelakangi perbedaan pencapaian konsep belajar menurut Bruner dan David Ausubel, diharapkan setelah penelitian ini para pembaca dan pendidik bisa memperluas wawasan mereka mengenai pencapaian pembelajaran yang baik menurut Bruner dan David Ausubel. Bruner dan David Ausubel sama sama tokoh dalam toeri belajar kognitif namun mereka memiliki pemikiran yang berbeda terkait pencapaian belajar.  Menurut Bruner, manusia adalah sebagai pemroses, pemikir, dan pencipta informasi. Oleh karenanya, yang terpenting dalam belajar adalah cara-cara bagaimana seseorang memilih,  mempertahankan,  dan  mentransformasikan  informasi  yang  diterimanya secara aktif. Sedangkan dari sudut pandang David Ausubel memiliki pendapat yang bertentangan dengan Bruner, menurut  Ausubel,  pada  dasarnya  orang  memperoleh pengetahuan melalui penerimaan, bukan melalui penemuan. Konsep-konsep, prinsip, n ide-ide yang disajikan pada siswa akan diterima oleh siswa. Dapat juga konsep ini ditemukan sendiri oleh siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jemari

Publisher

Subject

Education

Description

JEMARI : (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) is Journal of language education and literature is a peer-reviewed journal. It is published by Elementary Teachers’ Education of STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur in both print and online version. It aims at reporting high-quality empirical and ...