JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah)
Vol. 5 No. 1 (2023): January Edition

Strategi Guru Dalam Mengembangkan Sikap Sosial Siswa Pada Pendidikan Dasar

Sri Enggar Kencana Dewi (Universitas Nurul Huda OKU Timur)
Devi Rahmawati (Universitas Nurul Huda OKU Timur)
Yuli Anggraini (Universitas Nurul Huda OKU Timur)
Zulfa Laili (Universitas Nurul Huda OKU Timur)
Bella Rosmana Sari (Universitas Nurul Huda OKU Timur)
Ahmad Sulkahan (Universitas Nurul Huda OKU Timur)
M. Fathur Rohman (Universitas Nurul Huda OKU Timur)
Ivan Nuroviq (Universitas Nurul Huda OKU Timur)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2023

Abstract

Kehidupan sehari- hari tidak lepas dengan yang namanya sosial, baik itu dalam lingkup keluarga, masyarakat, maupun instansi pendidikan. Manusia dikenal sebagai makhluk sosial karena kehidupannya selalu berkaitan dengan masyarakat lainya. Sifat sosial tersebut merupakan implikasi dari hubungan interaksi dengan lingkungan yang berlatar belakang beragam. Ilmu sosial pun merupakan ilmu tentang perilaku kehidupan manusia sebagai makhluk yang bermasyarakat. Manusia harus melakukan interaksi sosial kehidupan. Hubungan antar masyarakat ini mencakup antar anggota keluarga, teman, tetangga, rekan kerja, dan orang asing sekalipun. Secara sederhana sosialadalah suatu istilah yang memiliki makna yang sangat luas, interaksi sosial adalah dasar dari sifat dasar manusia. Dengan berinteraksi satu sama lai, orang merancang suatu aturaninstitusi, yang sistem dimana mereka berusaha untuk hidup. Dalam berinteraksi juga di perlukan sikap, sikap merupakan tindakan yang mencerminkan perilaku seseorang terhadap reaksi atas suatu hal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru dalam mengembangkan sikap sosial pada siswa kelas V SD N 1 Lubuk Harjo. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pengamatan alami. Penelitian ini dilakukan di SD N 1 Lubuk Harjo Kecamatan Belitang Madang Raya, dengan metode observasi, dokumentasi serta wawancara.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jemari

Publisher

Subject

Education

Description

JEMARI : (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) is Journal of language education and literature is a peer-reviewed journal. It is published by Elementary Teachers’ Education of STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur in both print and online version. It aims at reporting high-quality empirical and ...