AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam
Vol 6, No 1 (2023): Januari - April 2023

Impelementasi Metode Tikrar Dan Sambung Ayat Dalam Meningkatkan Hafalan Al Quran Hadits pada Siswa Kelas XII MAN 2 Pesisir Selatan

Suhardi Suhardi (MAN 2 PESISIR SELATAN)
Lermian Harahap (Unknown)
Hakmi Wahyudi (Unknown)
Hakmi Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2023

Abstract

Kegiatan menghafal satu atau beberapa kata merupakan pekerjaan yang cenderung sulit dari pada membaca, karena kegiatan tersebut berkaitan dengan ingatan (memory) bagaimana informasi disimpan dalam ingatan, dipertahankan setelah disajikan dan diungkap dikemudian hari, untuk mencapai tujuan menghafal yang baik dan melekat pada ingatan dibutuhkan sebuah metode pembelajaran yang tepat. Begitu pula dengan menghafal Al Quran membutuhkan metode yang tepat sehingga siswa lebih mudah menghafal ayat dan hadits pada bidang studi Al Quran hadits.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis impelementasi metode tikrar  dan sambung ayat dalam menghafal ayat Al-Qur’an dan hadits pada mata pelajaran Al Quran Hadits di MAN 2 Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experimental dengan one group pretest posttest design. Penelitian ini tidak menggunakan kelas pembanding namun sudah menggunakan tes awal sehingga pengaruh pengimplemetasian metode tikrar dan sambung ayat dapat diketahui secara pasti. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Verifikasi data dilakukan dengan teknik triangulasi yang membandingkan data dari tiga instrumen dan tiga sumber data yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode tikrar dan sambung ayat mampu meningkatkan hafalan siswa dalam pembelajaran Al Quran hadits. Tahapan yang dilakukan adalah proses menghafal secara berulang-ulang (tikrar) kemudian dilakukan setoran ayat secara bersama-sama dengan menggunakan metode sambung ayat, sehingga membantu konsentrasi dan daya ingat siswa   TRANSLATE with x EnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian //  TRANSLATE with COPY THE URL BELOW Back EMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack//   This page is in Indonesian Translate to English    AfrikaansAlbanianAmharicArabicArmenianAzerbaijaniBengaliBulgarianCatalanCroatianCzechDanishDutchEnglishEstonianFinnishFrenchGermanGreekGujaratiHaitian CreoleHebrewHindiHungarianIcelandicIndonesianItalianJapaneseKannadaKazakhKhmerKoreanKurdish (Kurmanji)LaoLatvianLithuanianMalagasyMalayMalayalamMalteseMaoriMarathiMyanmar (Burmese)NepaliNorwegianPashtoPersianPolishPortuguesePunjabiRomanianRussianSamoanSimplified ChineseSlovakSlovenianSpanishSwedishTamilTeluguThaiTraditional ChineseTurkishUkrainianUrduVietnameseWelsh Always translate Indonesian to EnglishPRO Never translate Indonesian Never translate ejournal.uin-suska.ac.id

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

AL-USWAH

Publisher

Subject

Education

Description

AL-USWAH: Journal of Research and Studies on Islamic Education (E-ISSN 2615-4153; P-ISSN 2615-4161) is a periodical journal published by the Islamic Studies Program Faculty of Education and Teacher Training State Islamic University of Syarif Kasim Riau, which is published be-annual, June and ...