Venn: Journal of Sustainable Innovation on Education, Mathematics and Natural Sciences
Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 Number 2

Analisis Kemampuan Spasial melalui Aplikasi Education Game pada Siswa Kelas IX B SMP Negeri 1 Palopo Ditinjau dari Subjektif Well Being

Muhammad Dirham (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Salwah Salwah (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Sukmawati Sukmawati (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan spasial siswa kelas IX melalui aplikasi education game ditinjau dari subjektif well being. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek dilakukan dengan cara memberikan angket subjektif well being kepada seluruh siswa kelas IX B yang berjumlah 30 orang. Kemudian dipilih 3 orang sebagai subjek penelitian berdasarkan pengkategorian subjektif well being. Instrumen yang digunakan yaitu angket subjektif well being, tes kemampuan spasial dan wawancara. Analisis data menggunakan 4 tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan spasial subjek dengan subjektif well being tinggi hanya mampu mencapai 4 dari 5 indikator. (2) kemampuan spasial subjek dengan subjektif well being sedang dan subjektif well being rendah telah mampu mencapai seluruh indikator tersebut. (3) cara berpikir semua subjek dalam menyelesaikan soal berbeda-beda, seperti saat menyelesaikan soal berdasarkan indikator pertama dan terakhir.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

venn

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Physics Other

Description

Mathematics and Natural Sciences Education Learning Innovation Development of Mathematics and Natural Sciences Education Sciences Aplication of Mathematics and Natural Sciences Education Actuarial Technology Based of Learning Mathematics and Natural Sciences Study of Learning Mathematics and Natural ...