Jurnal Basataka (JBT)
Vol. 5 No. 2 (2022): Desember 2022

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS BIOGRAFI PADA KELAS X SMK

Febriani Elfrida Situmorang (Universitas Prima Indonesia)
Rusdiani Lumban Batu (Universitas Prima Indonesia)
Ila Yolanda (Universitas Prima Indonesia)
Amelia Simanungkalit (Universitas Prima Indonesia)
Khairun Nisa (Universitas Asahan)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah siswa SMK kesulitan mengekspresikan diri melalui kegiatan berbicara. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan cara menceritakan kembali isi teks biografi menggunakan metode Numbered Head Together di kelas X SMK. Subyek penelitian ini adalah 22 siswa kelas X TKJ-1 SMK PAB 5 KLAMBIR LIMA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus.  Sebelum melakukan tindakan, peneliti melakukan tes pra tindakan. Rata-rata nilai tes pra tindakan siswa 62,5 dituntaskan oleh 4 siswa (18,2%), dan rata-rata nilai siswa pada siklus I adalah 70,3 dituntaskan oleh 6 siswa (27,2%). Kemudian rata-rata nilai siswa pada siklus II adalah 81,5, dan sebanyak 19 siswa (86,3%) tuntas. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa penggunaan metode Numbered Head Together dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam menceritakan kembali isi teks biografi siswa kelas X SMK.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BASATAKA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Fokus dan cakupan Jurnal BASATAKA adalah penelitian dalam bidang Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Indonesia. The focus and scope of BASATAKA Journal is research in the fields of Education, Language, and Indonesian ...