Permasalahan penelitian ini adalah siswa SMK kesulitan mengekspresikan diri melalui kegiatan berbicara. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan cara menceritakan kembali isi teks biografi menggunakan metode Numbered Head Together di kelas X SMK. Subyek penelitian ini adalah 22 siswa kelas X TKJ-1 SMK PAB 5 KLAMBIR LIMA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Sebelum melakukan tindakan, peneliti melakukan tes pra tindakan. Rata-rata nilai tes pra tindakan siswa 62,5 dituntaskan oleh 4 siswa (18,2%), dan rata-rata nilai siswa pada siklus I adalah 70,3 dituntaskan oleh 6 siswa (27,2%). Kemudian rata-rata nilai siswa pada siklus II adalah 81,5, dan sebanyak 19 siswa (86,3%) tuntas. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa penggunaan metode Numbered Head Together dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam menceritakan kembali isi teks biografi siswa kelas X SMK.
Copyrights © 2022