OPTIMA
Vol 6, No 2 (2022)

PERAN DISIPLIN DAN KOMPETENSI PEGAWAI DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT

Yuni Setyawati (Universitas Tribhuwana Tunggadewi)
Elly Lestari (Universitas Tribhuwana Tunggadewi)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini mengkaji asosiasi dari faktor disiplin dan kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan di rumah sakit dengan menerapkan metode survei eskplanatori. Metode ini berguna untuk menjelaskan fenomena sosial yang terjadi dalam tempat penelitian. Data primer dikumpulkan dan kemudian dianalisis dengan metode Regresi linier berganda pada taraf signifikansi 0.05. “Analisis regresi secara parsial memperlihatkan bahwa variabel disiplin (X1) memiliki asosiasi yang signifikan terhadap kualitas pelayanan rumah sakit, yakni dengan besar pengaruh mencapai 90,5%. Sementara itu, kompetensi pegawai (X2) juga memiliki asosiasi signifikan terhadap kualitas pelayanan rumah sakit, dengan kontribusi sebesar 50,5%. Temuan tersebut sejalan dengan analisis Regresi secara simultan yang juga memperlihatkan asosiasi signifikan dengan total pengaruh sebesar 93,8%. Di sisi lain, terdapat persentase 6,2 % yang merepresentasikan besar pengaruh dari variabel lain yang terkait dengan kualitas pelayanan rumah sakit namun tidak dikaji dalam penelitian ini.” Hal tersebut menjadi poin rekomendasi bagi penelitian selanjutnya untuk mengidentifikasi faktor lain yang membentuk kualitas pelayanan medis di rumah sakit. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Optima

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Agribisnis, Ekonomi, dan Sosial Semua hal yang berkaitan dengan hasil penelitian atau pemikiran dibidang agribisnis, ekonomi, dan ...