Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak
Vol 3, No 4 (2022)

Science Card Games Berbasis Augmented Reality sebagai Solusi Mengatasi Learning Loss Pasca Pandemi COVID-19

Sagita Lintang Cahyani (Universitas Negeri Yogyakarta)
Anisa Dhamayanti (Universitas Negeri Yogyakarta)
Hanifah Mahrunnisa (Universitas Negeri Yogyakarta)
Ahmad Solakhuddin (Universitas Negeri Yogyakarta)
Alifah Mauliddin Nur Ikhsan (Universitas Negeri Yogyakarta)
Dr. Laifah Rahmawati (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2023

Abstract

Selama Pandemi COVID-19 berlangsung program PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) telah diputuskan oleh pemerintah. Hasil, kompetensi peserta didik mengalami penurunan sehingga menyebabkan kondisi kehilangan pembelajaran . Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa materi struktur fungsi tumbuhan dipandang sulit untuk diimplementasikan selama pandemi karena terbatasnya kegiatan tatap muka terutama penggunaan laboratorium menjadikan siswa hanya dapat mengamati morfologi, fisiologi, dan anatomi tumbuhan hanya melalui gambar dan video. Sastra juga menunjukkan bahwa ketertinggalan siswa dalam belajar bisa dikejar dengan bantuan teknologi. Oleh karena itu, pengembangan aplikasi media pembelajaran berbasis Augmented Realityperlu diterapkan untuk memudahkan guru dalam membantu mengejar ketertinggalan materi akibatkehilangan belajar . Penelitian ini menggunakan model Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang berisi 6 tahapan dalam pengembangannya yaitu: Concept , Design ,  Collecting Content Material , Assembly , Testing , dan Distribution . Hasil dari penelitian ini berupa pemanfaatan teknologi Augmented Reality dalam penerapan aplikasi pembelajaran “Plant Escape” pada materi struktur fungsi tumbuhan yang berperan sebagai media pembelajaran dalam mengatasi permasalahan learning loss .

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

informatika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Engineering Library & Information Science

Description

Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), an Indonesian national journal, publishes high quality research papers in the broad field of Informatics and Computer Science, which encompasses software engineering, information system development, computer systems, computer network, ...