Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas I SDN Sumurrejo 02 Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas berbentuk spiral dari model Mc. Taggart yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus memiliki 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, tetapi pada tahap acting dan observing dilakukan pada waktu bersamaan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu observasi dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta lembar soal tes peningkatan hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif, yaitu dengan membandingkan antara pra siklus, siklus I, dan siklus II. Berdasarkan catatan peneliti didapat perolehan observasi tekait motivasi belajar siswa pada pra siklus 23,53% dan hasil belajarnya 56,50. Pada siklus I motivasi belajar siswa 58,82% dan hasil belajarnya mencapai 65,50 untuk motivasi pada siklus II 88,24% dan hasil belajarnya mencapai 85,70 siswa tuntas dari seluruh siswa kelas I dengan KKM ≥ 75. Berdasarkan hasil tersebut, penelitian dengan pendekatan contextual teaching learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajarn tematik.
Copyrights © 2023