Augmented Reality adalah teknologi yang mampu menggabungkan benda maya dalam dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan yang nyata secara real time. Era Revolusi Industri 4.0 Saat ini teknologi AR banyak digunakan dalam bidang game, kedokteran, dan image processing, sedangkan dalam bidang pendidikan masih jarang digunakan. Tujuan dari Penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada mata kuliah teknologi bahan. (2) menghasilkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada materi uji tekan beton yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (R&D). Proses pengembangan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yakni Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Hasil penelitian diperoleh rata-rata skor kevalidan media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada materi uji tekan beton adalah 4,51 berada pada kategori sangat valid. Berdasarkan data respons mahasiswa menunjukkan mahasiswa memiliki respons yang positif terhadap media pembelajaran Uji Kuat Tekan Beton Berbasis Augmented Reality, menujukkan minimal 89,96% atau lebih mahasiswa merespons dalam kategori setuju, untuk setiap aspek yang direspons. Sebesar 95,44% mahasiswa mampu mencapai nilai kriteria ketuntasan belajar sehingga media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality berkategori efektif.
Copyrights © 2023