Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan SOP IGA MADU untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP satu lembar di SDN Sawangan 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah 6 orang guru kelas. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif sesuai jenis data. Hasil penelitian ini adalah kemampuan guru dalam menyusun RPP satu lembar mengalami peningkatan. Hasil penelitian pada akhir siklus I menunjukkan bahwa kegiatan workshop yang diadakan pada pertemuan pertama menunjukkan hasil yang sangat menggembirakan dari perbandingan skor rata-rata pre test 73,33 dan skor rata- rata post test 90, sehingga terjadi peningkatan rata-rata skor 21,66. Hasil kegiatan pertemuan kedua berupa pendampingan individu dengan kriteria keberhasilan pembimbingan minimal pencapaian skor 90 bagi 100% responden, maka ada satu guru yang belum mencapai skor minimal yaitu guru kelas dua dengan presentase 17%. Sedangkan lima orang lainnya sudah mencapai skor minimal dengan presentase 83%.
Copyrights © 2023