Hal yang melatarbelakangi Penelitian Tindakan Kelas adalah rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas VI SDN Bandar 01, Kec. Bandar, Kab. Batang pada mata pelajaran PKn materi Nilai Proses Perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara. Aktivitas siswa rendah dapat dilihat dari hasil pengamatan kondisi awal nilai aktivitas siswa dalam pembelajaran hanya 62,25% (kategori cukup). Rendahnya aktivitas siswa berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar. Kondisi awal ulangan harian PKn yang tuntas hanya 25%, ini menunjukkan keaktifan anak rendah. Maka perlu adanya upaya guru untuk meningkatkan keaktifan anak dan hasil belajar dengan merancang penelitian bertujuan siswa secara aktif mengkonstruksi sendiri konsep, hukum dan prinsip yang ditemukan dengan menggunakan model Kooperatif Type Jigsaw. Peningkatan aktivitas siswa dan prosentase keberhasilan yang telah dicapai dari kondisi awal 62,26% (kategori cukup), siklus I mencapai 72,00% (kategori baik) dan siklus II naik 83,25% (kategori sangat baik) dengan indikator 81. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kondisi awal 64,00 (kategori cukup). Pada siklus I meningkat t menjadi 76,00 (kategori baik). Pada siklus II menjadi 83,00 (kategori baik) indikator kinerja 81, prosentase ketuntasan hasil belajar meningkat secara signifikan. Peningkatan dilihat dari kondisi awal 25 % (kategori kurang), siklus I, 75 % (kategori baik) dan siklus II, 100 % (sangat baik).
Copyrights © 2023