Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan aktifitas belajar siswa dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode eksperimen pada pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan di SDN Sumurrejo 02 Gunungpati Kota Semarang dengan subjek adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Data awal menunjukan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas V terdapat 6 siswa yang tuntas prosentase 30% dan 16 siswa yang belum tuntas sebesar 70% dengan rata-rata nilai 76,35. Setelah diadakan penelitian mengalami peningkatan dengan diterapkannya metode eksperimen nilai IPA siswa pada pra penelitian, secara perlahan hasil belajar siswa pada siklus I mulai meningkat. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat 10 siswa yang telah tuntas prosentase 50% dan 10 siswa yang belum tuntas sebesar 50% dengan nilai rata-rata 78,55. Sedangkan pada pada siklus II, hasil belajar siswa semakin meningkat, terdapat 17 siswa yang telah tuntas sebesar 85% dan 3 siswa belum tuntas 15% dengan nilai rata-rata 80,80. Pembahasan dari penelitian ini adalah merefleksikan setiap siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan metode eksperimen dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPA siswa kelas V.
Copyrights © 2023