JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Vol 7, No 1 (2021)

Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Fasilitas Belajar Tehadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa

Arini, Debby (Unknown)
Nainggolan, Sintia (Unknown)
Listiana, Windi (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2021

Abstract

Salah satu tolak ukur keberhasilan siswa dalam belajar adalah hasil belajar yang diperoleh siswa. Hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh lingkungan keluarga dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di MA An-Nuur Tarbiyah Islamiyah Bagan Batu. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal, sekaligus merupakan penelitian populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MA An-Nuur Tarbiyah Islamiyah Bagan Batu sebanyak 118 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi jalur (Path) dengan program SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) secara langsung terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Keluarga terhadap Motivasi Belajar siswa dalam mata pelajaran matematika MA An-Nuur Tarbiyah Islamiyah Bagan Batu. (2) secara langsung terdapat pengaruh positif dan signifikan Fasilitas Belajar terhadap Motivasi Belajar siswa dalam mata pelajaran matematika MA An-Nuur Tarbiyah Islamiyah Bagan Batu. (3) secara langsung Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar siswa dalam mata pelajaran matematika MA An-Nuur Tarbiyah Islamiyah Bagan Batu. (4) secara langsung terdapat pengaruh positif dan signifikan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar siswa dalam mata pelajaran matematika MA An-Nuur Tarbiyah Islamiyah Bagan Batu.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu ...