Economics and Digital Business Review
Vol. 4 No. 1 (2023): Agustus - January

Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Pada UMKM Di Kota Pangkal Pinang

Ary Fakturrachman Aryansyah1, Novita Herlissha2, Tsulis Amiruddin Zahri3, Christianingrum4, Nanang W (Universitas Bangka Belitung)
Khairiyansyah6, Sumar7, Dony Yanuar8, Muhamad Hijran9, (Universitas Bangka Belitung)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2023

Abstract

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran penting bagi perekonomian nasional. Sebab UMKM berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61,07 persen atau senilai Rp 8.573 triliun. Krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 telah berdampak terhadap kelangsungan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), (Kompas, Desember 2021). Berbeda pada saat krisis moneter tahun 1998 di mana UMKM menjadi penyelamat ekonomi nasional yang pada saat itu mampu meningkat hingga 350 persen ketika banyak usaha besar yang kolaps. Namun pada saat pandemi Covid-19 saat ini, justru UMKM yang sangat terdampak. Ini juga hampir dialami oleh semua usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), di Kota Pangkal Pinang. Pandemi yang terjadi saat ini secara tidak langsung menjadi rangsangan yang baik pada perkembangan bisnis online dan mengharuskan para pengusaha untuk cepat beradaptasi agar kegiatan usahanya tetap berjalan seperti biasa. usaha mikro, kecil dan menengah di Kota Pangkal Pinang juga perlu merubah kegiatan pemasaran yang konvensional dengan cara yang lebih modern melalui sosial media salah satu media Sosial Instagram. Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat memperluas wilayah pemasaran dan dapat meningkatan penjualan UMKM

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ecotal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Economics and Digital Business Review, is published by STIE Amkop Makassar in 2020, with registered number ISSN : 2774-2563 (Online), is a peer-reviewed journal published Economics and Digital Business Review published two times a year (January & July) by STIE Amkop Makassar, It provides an academic ...